Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Susu Kambing Bagi Kesehatan

Susu kambing merupakan susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari di hasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing pun biasanya dikonsumsi sekedarnya saja atau lebih karena susu mempunyai khasiat serta bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di timur tengah sejak tahun 7000 sebelum masehi. Padahal susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur bahkan hampir setara dengan ASI. Susu kambing terbaik merupakan susu yang segar yang memiliki aruma atau bau yang khas yakni memiliki bau prengus, yang disebabkan oleh asam kaporat dalam susu kambing. Namun, bau ini dapat dikurangi dengan memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa.

Kandungan Susu Kambing

Selain itu, susu kambing juga dapat menyebabkan alergi sama halnya dengan susu sapi, anak yang alergi pada susu sapi juga mungkin akan menunjukan reaksi alergi terhadap susu kambing. Karena keduanya mengandung betalactoglobulin yang merupakan salah satu penyebab alergi.

Namun demikian, susu kambing memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan serta dapat menjad alternatif pengganti susu sapi. Kandungan nutrisi protein 3,6 gram, lemak 4,2 gram, karbohidrat 4,5 gram, kalori 69 cal, fosfor 111 gram, kalsium 134 gram, magnesium 13 gram, besi 0,005 gram, natrium 50 gram, kalium 204 gram, Vitamin A 185 IU, Thiamin 0,005 mg, Riboflavin (Vitamin B) 0,14 mg, niacin 0,008 mg, vitamin B6 0,005 mg.

Selain dari pada itu, masih banyak kandungan serta nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam susu kambing. Beberapa diantaranya Zincun (ZC), Mineral alkaline, Flourin+Betakaesein, A2-betakaesein lainnya. Sehingga dari pada susu sapi. Selain itu susu kambing juga bisa menjadi alternatif susu menyehatkan lainnya.

Manfaat Susu Kambing

  • Mempercepat Pembentukan Tulang 

Layaknya pada susu sapi, susu kambing juga akan kaya kandungan kalsium dan fosfor yang mana sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang. Sehingga susu ini juga sangat baik apabila dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang mengalami masa emas pertumbuhan.Mencegah Pencegah Syaraf 
Selain dari pada kalsium, dalam susu kambing juga terdapat kandungan zinc serta magnesium yang mana keduanya merupakan antioksidan yang diketahui sangat baik untuk pencegahan penyakit saraf.

  • Mengobati Anemia

Mengonsumsi susu kambing secara rutin juga diketahui dapat memperbaiki kondisi anemia dan defesiensi zat besi. Hal tersebut lantaran susu ini dapat meningkatkan zat besi oleh tubuh serta merangsang  pembaharuan hemoglobin.

  • Membersihkan Usus Besar 

Susu kambing juga diperkaya akan oligosaccharides atau senyawa alami yang mengandung gula sederhana. Dengan komposisi yang sama dengan ASI, senyawa oligosaccharides dari susu kambing juga berperan sebagai probiotik di tubuh ita. Yang mana senyawa tersebut mampu membersihkan usus besar dari organisme bakteri dan jamur penyakit yang dihasilkan dari pada sisa makanan.

  • Menurunkan Kadar Kolestrol Tinggi

Kandungan asam lemak essensial seperti linoleat dan arakidonat yang dimiliki oleh susu kamgbing diketahui lebih tinggi dari pada yang dimiliki oleh susu sapi. Asam lemak ini sendiri merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan di simpan oleh tubuh sebagai lemak. Sehingga tak heran jika susu kambing ini dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi dan juga menjaga kadar trigliserida tetap normal. Dan inilah yang membuat susu kambing sangat tepat untuk dijadikan pilihan sehat untuk penyakit jantung.

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan 

Susu kambing memiliki manfaat yang istimewah untuk kesehatan pencernaan anda. Susu kambing diketahui mengandung proposi laktosa yang cenderung lebih sedikit rendah dibandingkan pada susu sapi selain itu, gumpalan protein susu kambing yang di bentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah untuk dicerna.

  • Tidak Menimbulkan Alergi

Susu kambing juga diketahui memiliki resiko alergi yang lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Karena mengandung kandungan senyawa kasein alpha 1, yang merupakan salah satu penyebab alergi.

  • Membantu Mencegah Mengatasi Osteoporosis 

Dalam susu kambing mengandung kandungan senyawa asam amino tripofan, yang mana jika mana jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat proses pertumbuhan, memadatkan tulang, mencegah osteoporosis dan pengurangan tulang bagi lansia.

  • Membantu Mengobati Penyakit Tuberculosis(TBC) Dan Asma

Mengonsumsi susu kambing secara rutin nyatanya juga baik bagi anda yang kini menderita penyakit pernafasan seperti asama TBC, bronkitis dan infeksi paru-paru. Karena didalamnya mengandung flourin dan betasein yang baik dalam menuntaskan berbagai permasalahan pernapasan tersebut.

  • Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat susu kambing bagi ibu hamil sangatlah baik karena sebagai gizi tambahan untuk proses tumbuh kembangya janin dalam rahim serta membantu perkembangan otaknya. Selain itu , bermanfaat untuk menjaga stamina dan mencegah lemas dan kurang bertenaga pada ibu hamil.