Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh




Buah jeruk sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, buah yang kaya vitamin C ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jeruk merupakan buah yang mudah didapatkan, kita bisa bisa menemuinya di pasar-pasar tradisional.

Buah jeruk tidak hanya satu varian saja, ada banyak sekali macam-macam buah jeruk dan uniknya lagi dari setiap macam-macam jeruk tersebut rasanya juga berbeda-beda. 

Jeruk juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Jeruk mempunyai kandungan gizi sempurna serta memiliki nutrisi sehat untuk tubuh. Berikut yang terdapat pada buah jeruk 


Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 
Berdasarkan penelitian The National Health and Nutrition Examination Survey, jika jeruk dikonsumsi secara rutin maka jeruk bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Karena jeruk memiliki kandungan senyawa Hesperidin, Kalium, dan Magnesium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker
Buah jeruk juga dapat mencegah kanker, seperti kanker mulut, kanker kulit, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Karena jeruk memiliki kandungan senyawa anti kanker yaitu D-limonene. Selain itu, jeruk juga sumber baik antioksidan serta kandungan vitamin C jeruk juga memerangi pembentukan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

Menurunkan  Kolestrol 
Mengonsumsi setiap hari buah jeruk juga bermanafaat untuk menurunkan kadar kolestrol, karena jeruk memiliki kandungan Pectin dan Hesperidin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Menurunkan Resiko Terkena Stroke
Menurut American Heart Association, orang yang sering mengonsumsi buah jeruk secara rutin, mampu menurunkan resiko stroke iskemik untuk wanita sekitar 19% lebih rendah dari pada wanita yang tidak mengonsumsi buah jeruk.

Penelita tersebut juga menambahkan, bahwa buah jeruk mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari zat besi sampai kalium yang baik sekali untuk menjaga sistem peredaran darah.

Menjaga Kesehatan Jantung 
Kandunga serat, kolin, vitamin C dan kalium yang terdapat pada buah jeruk menurut para ahli sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas. 

Dengan mengonsumsi satu buah setiap hari, maka seseorang mendapatkan asupan kalium sebanyak 4069 mg dan memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung 49% lebih rendah dari pada orang yang kurang mengonsumsi kalium.

Mengoati Sariawan 
Manfaat jeruk satu ini pasti sudah banyak dikeathui oleh masyarakat indonesia yang mana jeruk merupakan obat manjur untuk sariawan. Karena jeruk mengandung vitmin C dan mempunyai kandungan senyawa antibakterial yang tinggi. Walau agak sediki perih saat dikonsumsi, tapi kandungan antibakterila serta vitamin C tersebut yang mampu membantu menyembuhkan sariawan.

Menjaga Kesehatan Tulang 
Jeruk juga mengandung kandungan mineral kalsium, kandungan ini dapat menjaga kesehatan tulang. Tercatat sekitar 180 gram jeruk, memuat 7% kebutuhan harian kalsium bagi tubuh kita. Jadi disarankan untuk selalu mengonsumsi buah jeruk secara rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Itulah beberapa manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh. Bagaimana sangat luar biasa bukan untuk itu mari kita jaga pola hidup sehat kita dengan mengonsumsi jeruk secara rutin.